Apa Itu Carpal Tunnel Syndrome ?


Yang belum tahu, mungkin wajib membaca ini !!

Carpal Tunnel Syndrome (selanjutnya akan disingkat CTS) adalah sebuah penyakit yang disebabkan karena terganggunya Saraf tengah karena tekanan yang terjadi pada bagian pergelangan tangan. Hal ini menimbulkan rasa sakit, nyeri dan melemahnya otot otot pada bagian pergelangan tangan. Penyakit ini biasanya sering diakibatkan karena terlalu sering memakai keyboard dan mouse,
walaupun banyak penyebab lainnya tetapi pemakaian komputer yang terlalu sering menjadi salah satu penyebab yang paling banyak terjadi untuk penyakit persendian pergelangan tangan ini.

Dalam jangka panjang, penyakit ini bisa menyebabkan kelumpuhan pada tangan. Resiko terkena CTS adalah kurang lebih 10% untuk orang dewasa. Wanita bahkan mempunyai resiko 3 kali lipat lebih banyak untuk terkena CTS dibandingkan dengan pria.

CTS adalah baal, kesemutan nyeri, dan kelemahan di ibu jari, telunjuk dan jari tengah sebagai hasil dari iritasi saraf median di pergelangan tangan.


PENYEBAB 

1. Penggunaan tangan yang terlalu berlebihan seperti mengetik, memegang mouse, menggunakan Handphone ataupun Blackberry
2. Faktor genetika
3. Stress, trauma, kehamilan

Kebiasaan yang bisa memicu CTS




CTS disebabkan bagian syaraf yang tertekan, di bagian telapak dari pergelangan tangan (daerah tersebut disebut carpal tunnel). Bagian tengah syaraf yang melayani ibu jari tangan. Tekanan tersebut terjadi ketika jaringan serat menjadi menumpuk dan membengkak karena berbagai macam sebab pada bagian telapak pada pergelangan tangan.

CTS sering terjadi, khususnya pada wanita dan dapat berpengaruh pada satu atau pada kedua tangan. Biasanya berisiko pada orang yang pekerjaannya memerlukan pergerakan pergelangan tangan terus-menerus, seperti penggunaan obeng. penyebab lain adalah penggunaan keyboard pada komputer yang posisinya tidak baik. Gerakan yang terus menerus (misalnya penggunaan berbagai macam alat) juga diklaim sebagai penyebab CTS. Wanita hamil dan orang yang menderita diabetes, kelenjar gondok jinak, gout, sendi rematik beresiko tinggi terkena CTS.

Bagi sebagian besar pasien, penyebab CTS mereka tidak diketahui. Setiap kondisi yang tekanannya pada saraf median di pergelangan tangan dapat menyebabkan CTS. kondisi umum yang dapat menyebabkan CTS termasuk obesitas, kehamilan, hipotiroidisme, arthritis, diabetes, dan trauma. Tendon peradangan dihasilkan dari pekerjaan berulang, seperti mengetik tanpa gangguan, juga dapat menyebabkan gejala terowongan karpal. CTS dari manuver berulang telah disebut sebagai salah satu cedera stres berulang. Beberapa penyakit langka dapat menyebabkan pengendapan zat abnormal di dalam dan sekitar terowongan karpal, yang menyebabkan iritasi saraf.


DIAGNOSA

Diagnosa yang banyak dilakukan adalah memeriksa tangan dan pergelangan tangan yang terkena, sebelum operasi seorang dokter pertama-tama memperhatikan cara kerja syaraf untuk meyakinkan apakah yang menjadi penyebab CTS.

Diagnosis CTS dicurigai berdasarkan gejala dan distribusi dari tangan mati rasa. Pemeriksaan leher, bahu, siku, pulsa, dan refleks dapat dilakukan untuk mengecualikan kondisi lain yang dapat meniru CTS. Pergelangan tangan dapat diperiksa bengkak, kehangatan, nyeri, deformitas, dan warna. Kadang-kadang menekan bagian depan pergelangan tangan dapat mereproduksi kesemutan tangan, dan disebut sebagai tanda Tinel tentang CTS. Gejala dapat juga pada waktu yang akan direproduksi oleh pemeriksa dengan menekuk pergelangan tangan ke depan (disebut sebagai manuver Phalen’s).

Diagnosis sangat disarankan ketika tes kecepatan konduksi saraf tidak normal. Tes ini melibatkan pengukuran tingkat kecepatan impuls listrik ketika mereka melakukan perjalanan ke saraf. Dalam CTS, dorongan melambat karena melintasi melalui terowongan karpal. Sebuah tes otot ekstremitas tersebut, Elektromiogram (EMG), kadang-kadang dilakukan untuk menyingkirkan atau mendeteksi kondisi lain yang mungkin meniru carpal tunnel syndrome.


Hasil penelitian yang menunjukkan EMG tangan kanan dalam penggunaan mouse


TANDA-TANDANYA

Antara lain seperti sering pegal dan atau nyeri pada bagian pergelangan tangan maupun juga jari tangan, terutama pada bagian ibu jari, telunjuk dan jari tengah.

Hal terburuk yang mungkin terjadi? Jangan dianggap enteng dengan masalah CTS ini karena bisa saja CTS mengakibatkan putusnya sendi pergelangan tangan sehingga tangan tidak dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya bahkan mungkin tidak dapat digerakkan sama sekali.


GEJALA

Rasa kebas, dan parasthesia (seakan-akan terbakar dan bergetar) di ibu jari, telunjuk, dan jari tengah, atau pada beberapa pasien terjadi di telapak tangan, susah menggenggam dan mengepalkan tangan dan sering menjatuhkan barang.

Gejalanya, berkaitan dengan tekanan syaraf, rasa tidak nyaman, kebas, rasa gatal dan nyeri pada tiga jari pertama dari sebelah ibu jari tangan. Kadangkala, terasa sakit dan terbakar atau rasa gatal pada lengan dan bahu. Lebih terasa ketika penderita tidur karena cara tangan diposisikan. Seiring waktu, otot pada tangan di bagian ibu jari menjadi lemas dan menyusut sampai tidak bisa digerakkan (atrophy).

 
Area nyeri pada CTS


PENCEGAHAN

* Letak keyboard yang benar
Penggunaan keyboard komputer yang tidak benar dapat menimbulkan CTS. Untuk menghindari luka tersebut, pengguna harus menjaga pergelangan pada posisi yang benar, yaitu, antara tangan dengan bahu harus lurus. tangan boleh lebih rendah daripada bahu. Tetapi tangan tidak boleh lebih tinggi, dan pergelangan tidak boleh menggantung. Keyboard letaknya harus selalu rendah, tangan dijaga supaya lebih rendah dari siku. Penyangga pergelangan tangan dipergunakan untuk menopang pergelangan tangan. Perhatikan gambar di bawah ini!

 
Posisi tangan yang benar pada keyboard

* Beristirahat secara teratur setiap 15-20 menit dengan melekukkan dan meluruskan pergelangan tangan.

* Jangan menempatkan keyboard pada posisi lebih tinggi atau lebih rendah daripada siku tangan.

* Duduklah dengan tegak.

* Jagalah agar tangan Anda selalu hangat.


Ergonomik tubuh yang tepat dalam mengoperasikan komputer

Salah satu cara untuk melakukan pencegahan adalah dengan cara mengetahui bagaimana duduk yang benar dan baik serta posisi tangan pada saat menggunakan keyboard atau mouse.



1. Jarak Pandang antara mata dengan komputer minimal 60 cm.

2. Pandangan antara mata ke monitor harus mengarah sedikit ke bawah atau sekitar 5-15° lebih rendah dari posisi horisontal pandangan mata.

3. Usahakan menghindari pantulan lampu atau cahaya yang masuk ke monitor.


4. Posisi tangan di atas keyboard harus membentuk sudut 90 derajat (lihat gambar) begitu juga kaki.

5. Atur bangku anda sehingga posisi tangan menjadi sejajar dengan meja ketika anda menggunakan keyboard


6. Jangan menggunakan komputer tanpa henti (lebih dari 2 jam), berdiri, sedikit olahraga (strecthing) dan berjalanlah sebentar (1 menit) secara periodik sebelum melanjutkan pekerjaan Anda.

7. Gunakan penyangga mouse dan atau keyboard untuk kenyamanan Anda.

8. Gunakan penyangga kaki bila diperlukan.

9. Gunakan kursi yang dapat menyangga posisi punggung Anda.


Tidak mudah memang untuk melakukan semua itu diatas, apalagi bila berhubungan dengan istirahat pada saat kerjaan menumpuk dan kemungkinan besar kita akan lupa waktu.

Vertical mouse juga dapat digunakan untuk mencegah atau mendukung proses therapy CTS, namun sampai saat ini harganya masih belum dikatakan murah



Vertical Mouse


PENGOBATAN

Untuk penyakit ini pengobatan terbaik adalah menghindari posisi pergelangan tangan terulur atau menekan terlalu keras bagian syaraf. Mengikat pergelangan tangan untuk menopang tangan pada posisi normal (khususnya pada malam hari) dan mengatur sudut keyboard komputer dapat membantu. Pengobatan berdasarkan penyakit (seperti rheumatoid arthritis atau kelenjar tiroid kurang aktif) dapat membantu mengurangi gejala.




Suntikan cairan kortikosteroid ke dalam pergelangan tangan ada kalanya memberi rasa nyaman yang lama. Jika rasa sakit terjadi terus menerus atau jika pergerakan otot tidak berfungsi atau melemah, operasi adalah jalan keluar terbaik untuk membebaskan tekanan pada bagian syaraf. Ahli bedah akan memotong gumpalan jaringan serat yang letaknya menekan syaraf.

Bagi yang masih belum tahu, silakan ubah kebiasaan ke petunjuk seperti di atas, jadi biarpun berlama-lama di depan komputer, kita tidak terlalu keranjingan game atau internet dan bisa meminimalkan risiko terkena Carpal Tunnel Syndrome !


Note:

1. Ubah kebiasaan dalam meletakkan perangkat komputer (keyboard, mouse, monitor, serta posisinya)

2. Luangkan waktu tiap 20 menit untuk mengalihkan pandangan dari monitor, bisa melihat pepohonan atau lingkungan luar, beranjak dari tempat anda bermain/menggunakan komputer, atau minimal berkedip untuk relaksasi agar peredaran darah lancar.

3. Aplikasikan dan budayakan cara bermain komputer yang menyehatkan ke diri sendiri, teman, saudara, keluarga, pacar, dll.


Tips menggunakan mouse komputer yang benar

1. Mouse Grip
Menggunakan mouse yang kecil mungkin terlihat imut imut bagi anda, tapi mouse yang kecil sering membuat kita lelah, karena bentuknya yang kecil seluruh permukaan telapak tangan kita tidak menyentuh punggung mouse hal ini menyebabkan jari jari kita cepat lelah dan pegal, karna jempol dan kelingking menahan dan menggerakan mouse, pilihlah mouse yang nyaman untuk di pegang, dimana seluruh permukaan tangan kita dapat memegang bersandar dan kita menggerakanya pun lebih mudah

2. Pergerakan Mouse dari siku
Memang kalau diterapkan ini sangat susah untuk kita tapi menggerakan mouse denga menggunakan siku adalah baik untuk kita, dimana semua pergerakan di titik tumpukan melalui siku tangan kita, ini akan meringankan pergelangan tangan kita dalam bekerja.

3. Posisi Mouse yang optimal
Aturlah tempat duduk anda senyaman mungkin untuk memegang mouse, bentuk posisi yang nyaman adalah tangan kita sejajar atau sedikit berada di atas meja posisinya daripada dengan mouse sehingga dengan begitu kita tidak menggantung tangan kita dengan meja dan menghindari tangan kita untuk menekuk secara terus menerus.

4. Jaga pergelangan tangan anda
Coba anda letakan pergelangan tangan ada di sebuah meja yang datar, anda akan melihat setelah bagian telapak tangan anda di bagian pergelangan tangan akan anda temukan sebuah lekukan kecil yang tembus cahaya ataupun anda bisa selipkan sebuah pensil disitu, ini menyatakan bahwa areal sekitar pergelangan tangan anda membutuhkan sebuah areal yang bebas dari sentuhan ataupun tekanan.

5. Jaga sirkulasi peredaran darah
Hal ini perlu diperhatikan juga, segala sesuatu penyakin kebanyakan disebabkan karna sirkulasi di dalam tubuh kita tidak benar, untuk itu kita harus selalu menjaganya dengan minum air yang banyak dan olah raga (badminton, bola basket dan olah raga yang lebih banyak menggerakan pergelangan tangan) tentunya, seperti yang kita ketahui kita banyak nadi nadi utama yang bergerak dari pergelangan tangan sehingga ini menjadi semakin penting.

6. Jangan pakai Sandaran pergelangan tangan
Menggunakan sandaran untuk pergelangan tangan anda, apalagi yang keras, sama saja artinya anda memberi tekanan 2x lipat pada Carpal Tunnel di dalam pergelangan tangan anda sehingga ini menyebabkan terjadi penyempitan pada bagian pembuluh pembuluh darah maupun syaraf hingga dengan adanya ini malah bisa mempercepat anda terkena CTS.

7. Hindari pergerakan tangan yang tidak bebas
Biasanya kursi kursi yang terdapat rest arm nya memiliki karakteristik untuk meng-lock tangan kita, sehingga hal ini menyebabkan kita akan lebih sering menggunakan pergelangan tangan kita untuk menggerakan mouse.

8. Refleksi
Menggunakan mouse dan pc secara intens memang bukanlah hal yang baik tapi ada baiknya jika anda melatih agar anda dapat memberi istirahat untuk tangan anda sekitar 2 menit untuk melakukan streching untuk tidak menyentuh mouse, ada juga software remindernya yang akan merekam penggunaan mouse dan kibor anda disini Magnitude ErgoManager, Break reminde.

9. Bentuk mouse
Carilah mouse yang hampir berbentuk Flat dan memiliki ukuran yang hampir sama dengan tangan kita seperti mouse dari vendor ini Whale mouse atau Perfit mouse karena mouse ini lebih memacu anda untuk menggerakan tangan anda daripada pergelangan tangan anda.


2 comments:

  1. artikel yang lengkap dan sangat bermanfaat... Terima kasih telah berbagi ilmu pak...

    ReplyDelete
  2. Terima kasih untuk artikel yg lengkap ini, jadi lebih jelas ttg cts ini,krn sy jg mengalaminya

    ReplyDelete

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Jendela Dunia agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.
Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel Jendela Dunia.Peringatan! Jendela Dunia tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan url. No Spam!!